Rabu, 08 Maret 2017

Rahasia bermain catur

         Rahasia bermain catur

Catur merupakan permainan mengasah otak yang dimainkan oleh 2 orang pemain yang saling berhadapan. Papan catur memiliki 60 kotak yang berbentuk persegi dan hanya ada warna hitam dan putih pada papan tersebut.

Setiap pemain mempunyai 16 buah biji tentara catur, yang terdiri dari 1 buah raja, 1 buah ratu, 2 buah benteng, 2 buah kuncung, 2 buah kuda dan 8 buah pion.

Pada kedua pemain dimana tentara ditempatkan seperti lambang huruf (dari a sampai h), sedangkan dua sisi lainya ditandai dengan angka-angka (dari 1 sampai 8).


Catur merupakan permainan yang banyak digemari oleh masyarakat karena permainan ini memerlukan strategi yang matang untuk bisa mengalahkan lawannya dengan cepat dan tepat.

Dalam permainan catur, setiap langkahnya menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan cermat. Karena jika sampai salah langkah maka akan menjadi fatal akibatnya.

Maka dari itu diperlukan teknik cara bermain catur secara cepat dan tepat dalam bermain catur agar dapat memenangkan permainan catur dengan cepat.

Maksud dari permainan ini adalah untuk mematikan pergerakan raja (skakmat) dengan menggunakan peraturan dasar catur dan teknik catur yang benar.

Sebelum memulai pertandingan catur ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu menyiapkan papan catur, menempatkan posisi tentara pada tempatnya, merancang strategi yang akan digunakan.

Dalam bermain catur sangat membutuhkan strategi dan teknik-teknik dasar catur untuk dalam menyerang pergerakan lawan. Setiap pergerakan tentara mengandung maksud dan tujuan untuk mematikian langkah kita.

Berperang strategi saat bermain catur adalah salah satu keseruan tersendiri dan mejadi ciri khas dari permainan catur.

Permainan catur dalam bahasa Indonesia dikenal dengan catur yang dalam bahasa sansekerta berarti empat.

Makna catur adalah  4 sudut dalam papan permainan catur ini. Permainan ini sudah sangat lama adanya sejak zaman dimana Negara-negara masih dalam bentuk kerajaan.

Tidak salah jika permainan ini merupakan manivestasi dari simbol kerajaan dalam setiap bidak catur yang dimainkan. Permainan ini dikenal berasal dari India zaman kekaisaran Gupta sebelum akhirnya di populerkan oleh bangsa eropa pada permulaan abad 19.

Dalam bahasa inggris sendiri disebut chess yang diambil dari kata shah asal bahasa Persia.

Catur memang dikenal sebagai permainan olah otak, yang menurut pandangan umum bahwa mampu melatih kemampuan otak. Adapun banyak penelitian yang mengklaim hal tersebut, bahwa permainan ini berkaitan erat pada perkembangan kemampuan otak.

Otak adalah organ yang cukup penting bagi manusia, semua fungsi kerja tubuh kita baik secara sadar atau tidak sadar dipengaruhi oleh otak.

Tidak hanya IQ yang di dapat, SQ pun turut dipengaruhi oleh permainan ini. Spritual Question yang berperan dalam menumbuhkan spirit mental atau motivasi jiwa seseorang ini bisa di tingkatkan salah satunya dengan bermain catur.

Hal ini di buktikan oleh penelitian Dr. Stefurak yang merupakan neuropsikologi kognitif menyatakan bahwa “instruksi dalam catur menstimulus pikiran dan emosi untuk menyusun susunan mental yang membuat timbulnya motivasi diri untuk pengembangan diri meraih prestasi belajar di sekolah dan dalam kehidupan”.

Bermain catur butuh berpikir yang mendalam. Berpikir dengan sangat dalam itupun membutuhkan waktu yang sangat lama. Tidak aneh jika kita lihat bahwa catur berlangsung sangat lama bahkan sampai berjam-jam.

Jika yang bertanding adalah para master kelas internasional pasti akan membutuhkan waktu yang sangat-sangat lama, bahkan bisa saja sampai draw atau tidak ada yang menang maupun yang kalah.

Inilah yang membuat pemain tersebut terlatih kesabarannya. Sekalinya kita tidak sabar, justru akan membuat kita mengambil keputusan langkah yang salah.

Ketika kamu sedang membutuhkan hiburan dan suasana hati sedang gundah gulana, permainan catur ini sangat cocok untuk dimainkan pada moment-moment tersebut. Maka jika kamu bermain catur, otomatis pikiran-pikiran yang menggangu akan hilang dengan sendirinya.

Pada Artikel ini saya akan membahas tentang teknik bermain catur yang elegan, santai tapi mematikan dengan melakukan strategi yang sulit ditebak oleh lawan. Kefokusan, konsentrasi dan kesabaran dalam membaca gerak-gerik lawan sangatlah dibutuhkan dalam melakukan permainan ini.

Dalam bermain catur ini membutuhkan pengalaman dan sense of inteligent yang tinggi dalam melakukan serangan yang gencar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar